DEPARTEMEN TK

Tujuan :

Meletakkan dasar-dasar sikap dan perilaku, kesiapan emosi, sosial untuk belajar di sekolah dasar. Penekanan pada pembiasaan moral dan agama, perkembangan sosial emosi, dan kemandirian motorik dalam melakukan tugas/kegiatan sehari-hari sesuai usia.

Kelompok :

TK Nasional Insan Prima terdiri atas 3 kelompok, yaitu :

  1. Playgroup

Adalah kelompok bermain anak usia 2-3 tahun. Penekanan pembelajaran playgroup pada pembentukan sosial emosi dan motorik.

  • TK A

Adalah kelompok bermain anak usia 4-5 tahun. Penekanan pembelajaran kelompok A pada pembiasaan sikap dan keterampilan motorik.

  • TKB

Adalah kelompok bermain anak usia 5-6 tahun. Kelompok B penekanan pada kemandirian, bahasa, dan motorik halus.

Kurikulum :

  1. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum yang digunakan TK Nasional Insan Prima adalah sebagai berikut :

  • MUATAN KURIKULUM

  Muatan kurikulum TK Nasional Insan Prima meliputi dua bidang pengembangan, yaitu :

  1. Bidang Pengembangan Kemampuan Pembiasaan

Bidang kemampuan pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak. Bidang pengembangan pembiasaan meliputi aspek perkembangan moral dan nilai-nilai agama, pengembangan social, emosional, dan kemandirian. Bidang pengembangan pembiasaan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

  1. Kegiatan Rutin, adalah kegiatan yang dilakukan di TK setiap hari, misalnya berbaris, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, menyanyi lagu-lagu nasional, lagu religious, menggosok gigi, berjabat tangan dan mengucapkan salam, mengembalikan mainan pada tempatnya.
  2. Kegiatan Spontan, adalah kegiatan yang dilakukan secara spontan misalnya meminta tolong dengan baik, menawarkan bantuan dengan baik, memberi ucapan selamat, serta menjenguk teman yang sakit.
  3. Pemberian Teladan, adalah kegiatan yang dilakukan dengan memberi teladan yang baik kepada anak.
  4. Kegiatan Terprogram, adalah kegiatan yang deprogram dalam pembelajaran
  • Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar

Bidang pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya, yaitu : berbahasa, kognitif, fisik-motorik dan seni.

  1. Berbahasa

Pengembangan bahasa bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran, ide, gagasan melalui bahasa sederhana secara tepat, berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat siswa berbahasa Indonesia. Pengembangan bahasa anak usia dini secara keseluruhan melalui mendengarkan, bercakap-cakap, membaca, menulis dan apresiasi.

  • Kognitif

Pengembangan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternative pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, memilah dan mengelompokkan dan persiapan pengembangan kemampuan berfikir teliti.

  • Fisik-Motorik

Pengembangan fisik-motorik bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, meningkatkan keterampilan

  • Pengembangan Seni

Pengembangan seni bertujuan agar anak dapat menciptakan suatu karya berdasarkan hasil imajinasinya dan dapat menghargai hasil kreativitas orang lain. Pengembangan kemampuan dasar diprogramkan dalam perencanaan semester, perencanaan mingguan dalam bentuk Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan perencanaan harian dalam bentuk Satuan Kegiatan Harian (SKH) yang dilaksanakan dalam pembelajaran sehari-hari di TK