Aksi Nyata Merayakan Imlek di Tengah Pandemi

Aksi Nyata Merayakan Imlek di Tengah Pandemi

Imlek adalah tradisi umum di Cina untuk merayakan Tahun Baru. Tahun Baru China 2021 ini ditandai dengan shio Kerbau Logam. Saat perayaan Imlek, lazim kita mendengar orang-orang mengucapkan Gong Xi Fa Cai untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Banyak yang meyakini, Gong Xi Fa Cai merupakan bahasa Mandarin dari Selamat Tahun Baru Imlek, padahal, artinya bukan itu. Arti Gong Xi Fa Cai bukan selamat tahun baru, tapi selamat berbahagia dan kaya raya 

           Sekolah Nasional Insan Prima yang memiliki siswa dengan berbagai etnis dan budaya yang beragam. Keberagaman tersebut dapat menumbuhkan sikap saling menghargai segala bentuk perbedaan yang ada. 

          Aksi nyata di masa pandemic COVID 19 dalam menghargai keberagaman di SIP dengan mengadakan perayaan IMLEK, dengan tujuan untuk memperkenalkan tradisi dan budaya etnis Tionghoa yang ada di Indonesia.

 Perayaan IMLEK untuk tahun ini, kita mengadakan melalui zoom, yang diikuti 213 peserta yang terdiri dari siswa, orang tua dan guru. Beberapa acara yang ditampilkan oleh siswa-siswa yang merayakan IMLEK.  

  1. Drama Legenda IMLEK “NAGA NIAN” yang diikuti oleh siswa kelas 6,7, 8, dan 9 

2. Bercerita Shio dalam tahun baru Cina dan harapan di tahun “Kerbau Logam” oleh Sonya (Kelas 5) 

3. Bercerita tradisi saat Perayaan Imlek oleh Javin (Kelas 2)

  1. Menyanyikan lagu Gong Xi Fat Cai yang diikuti oleh siswa SD dan SMP

Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak baik siswa dan orang tua yang turut berpartisipasi dalam kegiatan perayaaan IMLEK ini. Semoga, dengan adanya kegiatan IMLEK ini dapat meningkatkan rasa kepedulian, toleransi, dan menghargai segala bentuk perbedaan.