MENDONGENG MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK

          Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Pembiasaan membaca mempunyai beberapa manfaat bagi anak, antara lain: menambah kosakata anak, meningkatkan keterampilan komunikasi, melatih konsentrasi, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, serta membuka cakrawala pengetahuan. Oleh karena itu, Sekolah Nasional Insan Prima mengadakan kegiatan Book Week tanggal 27 November 2020 pukul 09.00-11.00 WIB di ruang Zoom.

Tujuan diadakannya Book Week adalah pertama menumbuhkan sikap gemar membaca pada siswa. Kedua membiasakan siswa untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang dipahaminya. Tujuan yang ketiga adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dengan menceritakan kembali/mendongeng cerita yang telah dibacanya. Dongeng yang dibawakan oleh siswa SD dan SMP Nasional Insan Prima yaitu Cerita Fabel “Si Badak, Si Cacing, dan Si Kodok”, cerita rakyat “Malin Kundang”, Snow White and the Seven Dwarf, serta Kucing Bersepatu Bot.

Book week merupakan kelanjutan dari program mendongeng yang sudah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Dari program mendongeng inilah dipilih siswa yang berbakat di bidang mendongeng untuk tampil di cara Book Week yang diikuti oleh siswa TK, SD, SMP Nasional Insan Prima. Dongeng yang dibawakan oleh siswa SD dan SMP Nasional Insan Prima yaitu Cerita Fabel “Si Badak, Si Cacing, dan Si Kodok”, cerita rakyat “Malin Kundang”, “Snow White and the Seven Dwarf”, serta “Kucing Bersepatu Bot”.

Pada acara ini hadir bintang tamu yaitu Penulis Skenario Series Animasi “Adit Sopo Jarwo”, Mohammad Eki Noor Faisal atau lebih dikenal dengan nama Kak Eki N.F. Kak Eki membagikan tips mendongeng untuk anak-anak. Peserta Book Week antusias dengan kehadiran Kak Eki dan mereka berebut untuk bertanya pada Kak Eki. Di akhir acara, kak Eki memperagakan suara Bang Sopo dan Bang jarwo saat bemo yang mereka kendarai mogok. Disitulah anak-anak tertawa dan terhibur karena dapat mendengar langsung suara Bang Sopo dan Bang Jarwo.

[metaslider id=146 cssclass=””]