Berkebun dari rumah

Mengingat betapa pentingnya tanaman bagi kehidupan manusia. Guru – guru Sekolah Nasional Insan Prima melakukan program “Berkebun dari rumah” bersama para siswa mulai dari TK, SD dan SMP. Untuk jenis tanaman yang di tanam dibedakan sesuai dengan jenjang usia siswa, siswa TK dan SD menanam tanaman sayur, siswa SMP menanam tanaman obat. Kegiatan ini dilakukan mulai dari bulan November 2020.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa Sekolah Nasional Insan Prima dapat mengenal berbagai macam tanaman, baik tanaman sayur maupun tanaman obat, belajar cara menanam dan merawat tanaman. Bukan hanya itu saja, lewat kegiatan ini juga siswa belajar untuk bertanggung jawab terhadap tanaman yang akan di tanam, menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dan belajar tentang proses pertumbuhan tanaman.

Bagaimana cara melakukannya? Yang pertama, guru menentukan tanaman yang akan ditanam oleh siswa, agar tanaman yang ditanam berbeda – beda. Kedua, guru menyiapkan contoh video cara menanam tanaman dan di kirim kepada siswa. Ketiga, Siswa mulai menanam di rumah, untuk siswa TK dan SD dibantu orang tua. Setelah menanam siswa mengirimkan foto atau video kepada guru, setiap dua minggu sekali guru melakukan video call untuk melihat tanaman siswa.

Guru dan siswa sangat senang sekali, karena tanaman yang ditanam tumbuh subur. Setelah kurang lebih satu bulan siswa berkebun dari rumah, ada yang sudah mulai panen hasil tanamannya. Semua ini tentu tidak lepas dari bantuan orang tua di rumah. Bagaimana, seru bukan?