MAULID NABI MUHAMMAD SAW

“Ikuti Teladannya dan Jadikan Dia Sebagai Inspirasi Hidupmu”

          Peringatan Maulid Nabi tahun ini terhitung dari malam Rabu, 28 Oktober 2020 sampai malam Kamis, 29 Oktober 2020. Tanggal diperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW atau yang dikenal dengan Maulid Nabi dan telah menjadi rutinitas tiap tahun, seluruh lapisan masyarakat Islam memperingatinya.

         Maulid nabi biasanya diperingati dengan membaca risalah Rasulullah atau kisah teladan Nabi Muhammad SAW sepanjang hidupnya. Kisah nya berupa karya prosa maupun puisi yang berbahasa arab atau biasa kita kenal dengan pembacaan barzanji yaitu suatu doa-doa puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan nada atau irama. Ada pula yang memperingatinya dengan menggelar ceramah keagamaan.  Tahun ini peringatan Maulid Nabi dapat diperingati dengan melakukan kegiatan keteladanan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

         Dalam diri beliau, terdapat banyak pelajaran hidup yang membimbing kita untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.  Kita tidak dapat menutup mata bahwa beragam godaan di era ini seringkali menjauhkan seorang muslim dari sifat-sifat yang diajarkan Rasulullah SAW. Untuk itu, mari kita mengingat kembali sifat-sifat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

        Pertama, sidiq yang artinya jujur adalah sikap menyatakan sesuatu sesuai dengan fakta. Beliau selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan benar. Dalam situasi apapun, sifat kejujuran harus dimiliki, karena tanda anak hebat adalah jujur. Jadi kita tidak boleh berbohong, karena berbohong sekali pun dapat menimbulkan kebohongan-kebohongan yang lain dan menyebabkan banyak dosa.

         Kedua, amanah yang artinya sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) kepada orang lain atau dapat dipercaya, setia. Sikap amanah sendiri merupakan salah satu sikap yang terpuji. Hampir setiap orang senang berteman atau bergaul dengan orang yang amanah karena dapat dipercaya. Memiliki sikap amanah sangat penting agar bisa menjadi pribadi yang dipercayai oleh teman, guru, orang tua dan lain-lain.

          Ketiga, tabligh artinya komunikatif, dapat menyampaikan pesan dengan baik. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menyampaikan seluruh ajaran yang diterimanya dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala bahkan sampai hal yang terkecil sekalipun. Sehingga umat manusia mempunyai pedoman dalam kehidupannya. Salah satu contoh menerapkan sifat tabligh yaitu anak menyampaikan pesan yang ia dapat kepada orang yang berhak menerima.

           Keempat, fathonah artinya cerdas. Sikap fathanah yang diteladani dari nabi yaitu mempunyai wawasan yang luas, dengan salah satunya kita harus belajar dengan sunggu-sungguh, tidak cepat merasa puas dengan apa yang yang kita dapatkan, dalam menuntut ilmu tidak hanya kita belajar dalam ruang lingkup kelas atau selalu mengandalkan seorang guru. Kita biasa mencari sumber pendukung seperti buku dari perpustakaan atau dari sumber-sumber yang lain

         Dengan semangat memperingati Maulid Nabi, kita iringi pula dengan semangat untuk mengamalkan ajaran agama Islam dan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.