STUDENT PRESENTATION

Student presentation atau presentasi siswa, merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan siswa dari TK, SD dan SMP Sekolah Nasional Insan Prima, yang bertujuan untuk melaporkan hasil belajar secara lisan dan membangun kepercayaan siswa dalam berkomunikasi. Kegiatan ini dilakukan menjelang penerimaan laporan hasil belajar tertulis tengah semester, siswa menyampaikan hasil belajarnya melalui unjuk kerja. Di dalam presentasi siswa ini, terdapat kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam berkomunikasi.

Pada kondisi pembelajaran jarak jauh sekarang ini, presentasi siswa dilakukan secara virtual, yaitu melalui aplikasi zoom. Mulai dari hari Senin 21 September 2020 untuk siswa TK, Senin-Kamis (28 September-1 Oktober 2020) untuk siswa SD, dan untuk siswa SMP pada hari Senin-Selasa (5-6 Oktober 2020).

Pelaksanaan presentasi siswa secara virtual dilakukan dengan cara mempresentasikan proyek. Proyek tersebut dibuat sesuai dengan tema yang dipelajari seperti membuat art and craft, menggambar dengan menggunakan microsoft paint, mempresentasikan materi dengan menggunakan power point, dan lain – lain.

Secara umum pelaksanaan presentasi siswa berjalan dengan lancar, karena semua siswa dari TK, SD dan SMP dapat melakukan presentasi dengan baik. Semua ini tentu tidak lepas dari kerja sama antara orangtua, siswa dan juga sekolah. Dengan adanya kegiatan presentasi siswa ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik, meskipun kegiatan ini diadakan secara virtual.