PENILAIAN TENGAH SEMESTER JARAK JAUH SEKOLAH NASIONAL INSAN PRIMA

Penilaian Tengah Semester (PTS) dilakukan sebagai bahan evaluasi program pembelajaran yang dilakukan dengan melihat hasil kompetensi kognitif dan psikomotorik. Bagi guru, kegiatan Penilaian Tengah Semester dapat dijadikan panduan langkah selanjutnya agar kompetensi yang harus dikuasai siswa dapat tercapai.

Sekolah Nasional Insan Prima mengadakan Penilaian Tengah Semester pada tahun ajaran 2020/2021 secara jarak jauh (daring). Penilaian Tengah Semester dilaksanakan selama lima hari, mulai hari Senin tanggal 14 September sampai hari Jumat tanggal 18 September. Walaupun dilaksanakan di rumah masing-masing, siswa SD dan SMP Nasional Insan Prima mengenakan seragam sekolah saat Penilaian Tengah Sekolah berlangsung. Kemudian siswa mengirimkan dokumentasi kegiatan (foto) setiap harinya kepada wali kelas. Siswa mendapatkan kesempatan menjawab soal yang diberikan guru selama 90 menit.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester jarak jauh di SD,diawali dengan mengetik kata “SIAP” di group WhatsApp. Orangtua yang mengetik kata SIAP di group, menandakan bahwa siswa siap mengikuti Penilaian Tengah Semester. Setelah itu, wali kelas ataupun guru bidang studi mendistribusikan soal dan lembar jawab kepada orangtua untuk dikerjakan oleh siswa. Apabila siswa yang kedua orangtuanya bekerja, maka soal akan dikirim sesuai kesiapan sang anak dan orangtua. Lima soal yang dikerjakan siswa berbentuk Essay (soal HOTS). Kemudian soal yang sudah dijawab dalam lembar jawab akan dikirim kembali ke wali kelas ataupun guru bidang studi untuk dikoreksi. Sedangkan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester di SMP, soal didistribusikan dalam bentuk link ke group yang telah dibuat. Kemudian siswa mengerjakan melalui Google form. Link  soal dibagikan lima menit sebelum waktu yang sudah ditentukan. Setiap mata pelajaran memiliki durasi mengerjakan 90 menit. Link akan tertutup otomatis jika waktu pengerjaan telah selesai. Khusus mata pelajaran matematika, soal yang didistribusikan dalam bentuk soft file yang disertai dengan lembar jawab. Apabila ada jawaban yang sulit dikerjakan melalui Google form ataupun Microsoft word siswa dapat mengerjakan soal  dikertas lain kemudian difoto dan dikirim ke panitia.

Mengapa soal PTS dalam bentuk Essay dan didistribusikan melalui Google form? Karena dengan soal PTS dalam bentuk Essay siswa dapat menjawab dengan pendapatnya sendiri sehingga ketepatan dan kebenaran siswa dalam menjawab soal dapat dilihat dari kalimat-kalimatnya. Hal inilah yang membedakan poin nilai yang diperoleh siswa. Google form dipilih dalam pendistribusian, karena memberikan kemudahan dalam menyimpan dan mengakses dokumen. Selain itu guru dengan mudah memantau aktifitas siswa.

Secara umum pelaksanaan Penilaian Tengah Semester secara jarak jauh berjalan lancar dan sukses. Dikatakan lancar dan sukses, karena didalam pengumpulan lembar jawab yang dikerjakan siswa terkumpul tepat waktu. Selain itu, kesuksesan pelaksanaan berkat kerja sama orangtua, siswa dan sekolah. Walaupun Penilaian Tengah Semester dilaksanakan secara daring (jarak jauh), diharapkan tidak mengurangi semangat belajar anak-anak dan mendapatkan hasil belajar yang mengutamakan kejujuran dalam menjawabnya.