MENYIKAT GIGI MENJADI LIFESTYLE SISWA INSAN PRIMA

Gigi merupakan hal yang penting pada manusia. Saat orang merasakan sakit gigi, pastinya akan terganggu aktifitasnya. Hingga kini, masih banyak orang yang menganggap bahwa menyikat gigi adalah satu-satunya jenis perawatan gigi. Padahal, demi menjaga kesehatan gigi dan mulut sampai tua, ada beberapa jenis perawatan gigi yang mesti dilakukan.

Jadi, bagaimana kita menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat? Sekolah Nasional Insan Prima sudah melakukan sosialisasi dengan siswa terkait kesehatan gigi, baik itu dari guru kelas dan guru olahraga serta dari dinas kesehatan. Hal yang sudah disampaikan adalah kita harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu halus agar tidak mencederai gigi atau struktur di sekitarnya. Saat menyikat gigi, gunakan pasta gigi berfluroide yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya, memperlambat hilangnya mineral dari lapisan terluar gigi, dan membangun kembali lapisan terluar gigi yang melemah. Obat kumur juga bisa digunakan untuk menghilangkan partikel makanan yang tersisa. Sikat gigi harus diganti setiap tiga bulan atau kalau sebelum tiga bulan sudah rusak langsung diganti. Memeriksakan dan pembersihan gigi secara teratur dilakukan setiap enam bulan sekali.

 Pemeriksaan gigi secara rutin kepada siswa setiap enam bulan sekali pun sudah dilaksanakan di sekolah. Sekolah bekerja sama dengan puskesmas Cikarang Utara untuk melakukan pemeriksaan gigi. Dokter gigi datang berkunjung ke sekolah sesuai dengan jadwal kalender Pendidikan Sekolah. Hasil pemeriksaan diberikan ke guru kelas yang selanjutnya dilaporkan kepada orang tua. Apabila ada  pemeriksaan lebih lanjut misalnya pencabutan gigi, maka akan diberikan surat rujukan ke puskesmas untuk ditindaklanjuti.

Setelah terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, kegiatan pemeriksaan gigi di sekolah ditiadakan. Namun untuk pemeliharaan gigi siswa tetap dilakukan meskipun siswa melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), bekerja sama dengan guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan siswa mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar. Dengan menggosok gigi yang benar diharapkan kesehatan gigi dan mulut siswa Sekolah Nasional Insan Prima tetap terjaga. Gigi sehat pastinya akan membuat senyum kita ceria.