BERKREASI DI MASA NEW NORMAL

BERKREASI

DI MASA NEW NORMAL

            Pembelajaran  tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun hal itu tidak mengurangi semangat guru dan siswa/siswi SMP Nasional Insan Prima untuk belajar dan berkreasi.

Di masa New Normal siswa siswi SMP Nasional Insan Prima berkreasi untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di bidang HANDYCRAFTS.

Ada beberapa handycrafts yang bisa dikembangkan di masa New Normal saat ini, yaitu :

1. Membuat lilin warna dan lilin hias

Untuk membuat lilin warna dan lilin aromaterapi sesuai dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran prakarya yaitu perancangan dan pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif (misal : lilin). Dalam membuat lilin warna dan lilin aromaterapi membutuhkan bahan yang murah, mudah didapat dan langkah-langkah pembuatannya juga mudah.

Bahan yang dibutuhkan adalah lilin putih, gelas kaca kecil, minyak essensial, dan crayon (untuk memberi warna lilin). Langkah-langkahnya dapat dilihat melalui video ini.

2. Membuat kreasi dari bahan serat

Membuat kreasi bahan serat merupakan Kompetensi Dasar mata pelajaran prakarya yaitu perancangan dan pembuatan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil  yang kreatif dan inovatif (misal : kain flanel).

Dalam membuat kreasi bahan serat ini membutuhkan bahan mudah didapat dan langkah-langkah pembuatannya juga mudah.

Bahan yang dibutuhkan adalah kain flanel, dan lem tembak. Langkah-langkahnya dapat dilihat melalui video berikut.

3. Membuat gantungan kunci dari bahan plastik

Untuk membuat kreasi dari gantungan kunci dari botol  merupakan Kompetensi Dasar mata pelajaran prakarya yaitu perancangan dan pembuatan produk kerajinan dari bahan plastik  yang kreatif dan inovatif (misal : botol plastik).

Dalam membuat kreasi bahan plastik ini membutuhkan bahan yang murah, mudah didapat dan langkah-langkah pembuatannya juga mudah.

Bahan yang dibutuhkan adalah botol bekas, dan lem tembak. Langkah-langkahnya dapat dilihat melalui video ini.

Pembelajaran yang menyenangkan meningkatkan semangat untuk berkreasi bagi siswa siswi SMP Nasional Insan Prima.

“New Normal…. New Spirit”