Tahun Ajaran Baru Kembali Belajar Secara Online

Pembelajaran di sekolah sudah kembali aktif. Sekolah Nasional Insan Prima sudah melakukan kegiatan proses belajar sejak hari Senin, 20 Juli 2020. Pembelajaran dilakukan a dengan sistem online, dengan media yang digunakan adalah ponsel, tab, atau laptop. Dua cara pembelajaran yang dilakukan sekolah yaitu virtual menggunakan aplikasi Zoom, dimana guru langsung menjelaskan materi pembelajaran. Selain itu guru-guru Sekolah Nasional Insan Prima juga membuat video pembelajaran yang isinya penjelasan guru terkait materi pelajaran yang diunggah ke dalam sosial media yaitu Youtube.  

Walaupun belajarnya dengan sistem Online, Sekolah tetap membuka komunikasi dengan wali siswa untuk menanyakan perkembangan belajar siswa atau sebaliknya orang tua siswa bertanya terkait materi pembelajaran yang belum dipahami oleh anaknya. Ibu Catarina Hayati adalah orangtua siswa dari Beryl dan Benayon yang kami mintai pendapatnya mengenai pembelajaran jarak jauh, dan beliau berpendapat mengenai pembelajaran online yang dilakukan sekolah yaitu, “Orang tua yang tadinya tidak faham masalah pembelajaran daring lebih memahami secara bertahap, secara tidak langsung ikut belajar lagi, anak-anak terpantau belajarnya, dan saat virtual dengan aplikasi Zoom orang tua dapat mempererat  silaturami dengan guru”.

Kami juga selalu mencari tahu kendala-kendala apa saja yang dimiliki saat proses pembelajaran online berlangsung. Ternyata selain koneksi internet, handphone pintar yang digunakan oleh siswa dibawa orangtuanya untuk bekerja, dengan demikian guru juga memberikan materi pembelajaran secara terpisah bagi siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran secara virtual menggunakan aplikasi Zoom atau Line.

Selain itu, kami juga memiliki pendapat siswa mengenai proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan sekolah,yaitu dari Falih Raihansyah siswa kelas 9 yang berpendapat, “Saya sangat senang dengan adanya pembelajaran jarak jauh, karena dengan begitu saya bisa mendapatkan hobi dan juga pengetahuan baru semenjak dirumah. Salah satu hobi yang saya dapatkan adalah saya jadi suka membaca, entah itu membaca buku ataupun artikel. Biasanya saya membaca hal -hal  yang membuat saya tertarik untuk mempelajarinya, sehingga bisa mengasah kemampuan saya. Saya juga bisa lebih  mengembangkan diri, dan bisa lebih bertanggung jawab atas tugas tugas yang di berikan (lebih ke time management). Menurut saya, pembelajaran jarak jauh yang saya dapatkan sangat bagus, karena dengan adanya waktu luang yang diberikan guru, membuat saya bisa lebih melakukan banyak hal dan lebih mengerti akan kemampuan diri saya”. Semoga musibah Covid segera hilang, dan proses pembelajaran bisa dilakukan secara  tatap muka, sehingga anak-anak lebih semangat lagi dalam pembelajarannya.