Webinar Guru Yayasan Insan Prima

Yayasan Insan Prima menyelenggarakan webinar untuk guru – guru yang ada di daerah Kalimantan pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 dan untuk guru – guru yang ada di daerah Papua pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 dengan tema “KOMPETENSI GURU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ABAD 21”.

Dalam paparan materi yang disampaikan oleh pembicara, yaitu Bapak Dr. Iwan Kresna setiadi, SE, MM, Ketua Dewan Pembina Sekolah Nasional Insan Prima, beliau mengatakan pendidikan merupakan suatu tindakan sosial, mengapa ? karena melalui pendidikan, kita berharap bahwa  ada satu perubahan besar di masyarakat, dimana beliau sangat yakin bahwa, itu adalah andil besar dari pendidikan.

Pendidikan merupakan tindakan sosial dan tindakan sosial itu harus kita mulai dari Foresight Rancangan Pembelajaran. Foresight artinya bayangan kedepan tentang apa yang akan terjadi. Setelah kita memiliki foresight dan kita paham bahwa itu adalah tindakan sosial, maka sudah saatnya kita menyelenggarakan pembelajaran.

Guru juga harus memiliki kompetensi transversal, kompetensi transversal adalah kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap orang dalam hidup di abad 21 di sepanjang hidupnya untuk itu, kita harus menjadi guru pembelajar, artinya siap berubah, siap memperbaharui diri, lakukan reorientasi kepada pembelajaran anak didik kita, tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi bisa memunculkan pembaharuan di dalam tujuan pembelajaran kita dan di sisi lain bisa mendorong kita sebagai guru dan anak – anak untuk memiliki motivasi, memiliki keinginan untuk berprestasi.

Seorang guru akan menghasilkan generasi yang luar biasa jika memiliki 5K (Komitmen) :

  1. Kesediaan hati
  2. Kesungguhan
  3. Karya baru
  4. Kegunaan
  5. Kearah masa depan siswa.

Oleh karena itu, jadilah diri sendiri yang mencintai murid – muridnya dengan sepenuh hati dan itulah saya guru yang pembelajar, mempunyai nilai luhur, mempunyai semangat dan punya mimpi untuk masa depan yang lebih baik. Selamat berkarya !