PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA PG DAN TK A

Penerapan belajar jarak jauh dari rumah merupakan cara pencegahan yang paling tepat dalam menghadapi pandemi virus Corona ( Covid 19 ) ini. Proses belajar di rumah diharapkan dapat menjauhkan anak dari kemungkinan terpapar virus Corona.

            Proses belajar jarak jauh ini tidak hanya diterapkan di sekolah dasar atau sekolah menengah saja, melainkan juga bagi tingkat anak usia dini (PAUD). Salah satunya diterapkan di TK Nasional Insan Prima. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas di kelas Playgroup (PG) dan TK A yaitu dengan rentang usia 3-4 tahun dan 4-5 tahun dengan tetap menjalankan proses belajar secara online melalui whatsapp (WA) atau aplikasi edmodo.

            Dalam proses pelaksanaannya, guru-guru setiap hari melakukan diskusi pengembangan konten pembelajaran yang menarik. Diskusi tersebut mencakup metode dan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan anak-anak selama belajar di rumah bersama orangtua mereka. Para guru juga mempertimbangkan materi sesuai dengan usia anak, keterbatasan infrastruktur perangkat seperti jaringan.

Para guru memberikan tugas kepada siswanya dengan memberikan video tutorial melalui whatsapp untuk kegiatan anak. Hal ini akan mempermudah akses orangtua dalam menerima tugas tersebut.

[metaslider id=”424″] [metaslider id=”429″]

Di kelas PG dan TK A misalnya, guru memberi contoh tugas dalam eksperimen  melalui video whatsapp. Siswa dapat melihat contoh tersebut dan mempraktekannya di rumah dengan bimbingan orangtua. Setelah kegiatan selesai dilakukan, siswa dapat mengumpulkan tugas melalui foto/video di whatsapp dengan durasi video dibatasi kurang lebih 1 menit. Hal ini berkaitan dengan minimal kuota yang harus dikeluarkan oleh pihak orangtua. Dan inilah yang menjadi salah satu pertimbangan para guru untuk mempermudah akses orangtua terutama dalam jaringan dan kuota.

[metaslider id=”434″]

Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemik Covid 19 ini salah satunya adalah kemampuan guru dalam berkreasi merancang dan meramu materi, metode pembelajaran dan aplikasi yang sesuai dengan materi dan metode tersebut.

            Guru tanpa henti memotivasi siswa untuk tetap semangat dalam belajar secara online dan tetap enjoy melakukan tugas yang diberikan. Tetap semangat !