RAMADHAN BELAJAR DI RUMAH SAJA

Bulan Puasa kali ini berbeda dengan tahun lalu karena Sekolah Nasional Insan Prima masih melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Terlebih lagi Dinas Kabupaten Bekasi akan memperpanjang masa belajar di rumah. Sekolah Nasional Insan Prima pun mengikuti arahan dari diknas setempat dengan memperpanjang masa belajar sampai 3 Mei mendatang karena wabah Corona belum mereda.

Kegiatan di bulan Ramadhan ini sekaligus melatih dan meningkatkan anak dalam keimanannya terhadap Tuhan, maka di TK Nasional Insan Prima terdapat berbagai kegiatan selama mengisi Ramadhan ini. Diantaranya anak-anak muslim menonton video melalui youtube tentang arti puasa. Apa saja yang membatalkan puasa dan waktu kapan kita bisa berbuka puasa,  setelah itu melakukan tanya jawab antara orang tua dan anak tentang video yang telah ditonton tadi. Anak-anak juga dapat mempraktekkan puasa, mengaji dan sholat bersama. Tentu saja untuk usia TK melakukan puasa dan sholat perlu didampingi dan dijelaskan orangtua tanpa harus membebankan mereka dan yang lebih penting anak menikmati berpuasa dan sholat serta senang melakukannya. Saat anak berlatih puasa membuat kesepakatan bersama orangtua sampai batas waktu yang ditentukan, sehingga  waktunya berbuka dan waktunya berpuasa lagi.

[metaslider id=”410″]

Cara yang tepat dalam menjalankan ibadah puasa di masa pandemi covid-19 adalah guru-guru memberi motivasi dan semangat saat anak-anak mempraktekkan puasa, sholat dan mengaji bersama orangtua di rumah, dengan  cara orangtua memberikan reward atau hadiah kepada anak-anak ketika anak-anak yang melakukan atau mempraktekan puasa, sholat dan mengaji. Konsep dalam mempraktekan puasa, mengaji dan sholat seperti menabung di celengan. Para orangtua mempersiapkan 3 wadah/gelas yang masing-masing tertulis puasa, sholat dan mengaji. Anak-anak dapat memasukkan kertas di dalamnya tergantung dari intensitas anak dalam melakukan kegiatan tersebut. Sungguh cara ini menyenangkan dan memudahkan bagi orangtua, selain mendisiplinkan anak dan mengajarkan untuk mempraktekan berpuasa, sholat dan mengaji dengan cara menabung.

Bagi anak-anak yang beragama Kristen dan Katolik juga melakukan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan mereka, dengan cara seperti menonton video komik alkitab anak dan menghafalkan ayat-ayat hafalan.

Belajar dari rumah di bulan Ramadhan ini melalui pembelajaran jarak jauh dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak tanpa terbebani tuntutan dalam pencapaian kurikulum. Pemberian tugas bukan hanya berfokus pada aspek kognitif saja, sebaliknya penekanan pada karakter, basic skill dan pembiasaan adalah output yang baik untuk masa depannya. Jangan pernah lelah untuk belajar. Teruslah berjuang melawan pandemik ini dengan belajar di rumah saja. Selamat berpuasa !