MARHABAN YA RAMADHAN

JALANKAN IBADAH DENGAN  NIKMAT  WALAUPUN DI RUMAH SAJA

Bulan Ramdhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia karena  bulan Ramadhan yang telah dipilih Allah SWT sebagai “Bulan Puasa”, di mana puasa pada bulan tersebut termasuk rukun , tiang atau pilar dari pilar-pilar Islam. Puasa Ramadhan adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu.

Tahun ini, hari pertama puasa dimulai pada tanggal 24 April 2020. Biasanya bulan Ramadhan menjadi ajang untuk bersilaturahmi dengan cara buka puasa bersama dengan keluarga dan teman atau dengan salat tarawih berjamaah di masjid. Namun, ditengah pandemi Covid-19 saat ini tentunya bulan puasa tahun ini tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Berbagai imbauan dan larangan terkait pencegahan penyebaran Covid-19, tentu saja membuat momen-momen yang sudah dinantikan mungkin saja terpaksa tidak dilakukan. Misalnya salat berjamaah di masjid,sahur on the road, buka puasa bersama, salat tarawih di masjid, I’tikaf di masjid, atau pun ngabuburit sambil mencari takjil. Semua orang dianjurkan untuk tetap berada di rumah dan melakukan sosial distancing.

Terkait akan hal ini, SD Nasional Insan Prima mengajak peserta didik untuk tetap menjalani ibadah di bulan Ramdhan dengan suka cita agar ibadah puasa ini tetap nikmat dijalankan walaupun hanya di rumah saja. Bagi siswa muslim diberikan Modul Ramadhan denan mengambil tema Ramadhan Merona (Meraih Barokah di Bulan Mulia) yang berisi tentang materi Puasa Ramadhan, jadwal kegiatan peserta didik, dan tabel kegiatan yang harus diisi, selanjutnya akan dilaporkan kepada guru agama Islam di tiap minggunya. Adapun kegiatan ibadah yang dapat dilakukan antara lain sahur dan buka puasa bersama keluarga, tadarus dan hafalan surat pendek, salat dhuha, shalat lima waktu, salat tarawih yang semuanya dilakukan di rumah. Ada pula peserta didik yang antusias membantu ibu menyiapkan hidangan untuk sahur dan buka puasa.

Untuk siswa yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha juga melaksanakan kegiatan keagamaan mereka di rumah masing-masing berupa kegiatan peningkatan iman serta pengembangan sikap dan spiritual. Mereka juga akan melaporkan kegiatan ibadah yang telah mereka laksanakan di tiap minggunya.  Meskipun peserta didik tidak dapat bercerita tentang kegiatan yang sudah mereka lakukan secara langsung, mereka tetap bisa melihat kegiatan ibadah yang dilakukan teman-temannya melalui media sosial Sekolah Nasional Insan Prima yaitu Instagram (sip_insanprima), facebook (insanprima_sip), dan website (www.sekolahinsanprima.sch.id), sehingga kebersamaan keluarga besar Sekolah Insan Prima tetap terjalin erat.

Selama bulan Ramadhan ini, marilah kita tetap gunakan waktu untuk menyempurnakan ibadah, introspeksi diri, berdoa memohon ampun kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 segera berakhir, serta lakukan aktivitas lain yang bermanfaat.