PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD NASIONAL INSAN PRIMA YANG MENYENANGKAN DAN BERMAKNA

Penyebaran pandemi Corona virus Disease (Covid-19) mengakibatkan peserta didik harus melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Mendikbud Nadim mengatakan bahwa Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19.

Menindaklanjuti surat edaran Mendikbud No. 3 tahun 2020 dan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat No. 443/2748.Set.Disdik tentang upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan sekolah, maka SD nasional Insan Prima menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  

PJJ di SD Nasional Insan Prima dikomunikasikan kepada orang tua dan peserta didik melalui aplikasi whatsapp dan Edmodo.  Orang tua dan peserta didik diperkenalkan juga dengan aplikasi Line dan Zoom Cloud Meeting sehingga memudahkan pertemuan langsung dengan guru, peserta didik, dan orang tua.  PJJ di SD Nasional Insan Prima dikemas sedemikian rupa agar peserta didik dapat merasakan pembelajaran di rumah namun tetap dekat dan dapat berkomunikasi langsung dengan guru. Oleh karena itu, sebelum dilaksanakannya PJJ diadakan pelatihan terlebih dahulu untuk guru tentang bagaimana prosedur yang harus dilakukan dalam melaksanakan PJJ.

 

 

Pada awalnya, PJJ di SD Nasional Insan Prima sedikit mengalami kendala karena ada beberapa orang tua yang masih bekerja sehingga tidak bisa mendampingi putra-putrinya dalam pelaksanaan PJJ. Pengaplikasian Line dan Zoom Cloud Meeting serta jaringan internet pun tidak luput menjadi kendala. Namun semua itu dapat teratasi dengan adanya kesadaran akan tanggung jawab untuk anak bangsa dan kerjasama dari semua pihak sehingga PJJ di SD Nasional Insan Prima yang menyenangkan dan bermakna dapat berjalan dengan baik.