SEMINAR PENDIDIKAN SEKOLAH NASIONAL INSAN PRIMA

Sekolah Nasional Insan Prima menyelenggarakan seminar pendidikan pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 dengan tema Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Aman dan Nyaman. Acara seminar ini dihadiri oleh orang tua siswa TK, SD, SMP, guru –guru sekolah di sekitar Kecamatan Cikarang Utara, dan pengawas Kabupaten Bekasi.
Dalam paparan yang disampaikan oleh para pembicara, yaitu Bapak Dr. Iwan Kresna Setiadi,S.E,M.M.,Ketua Dewan Pembina Sekolah Nasional Insan Prima sebagai keynote speaker, Bapak Dr. H. Carwinda,M.Si. Kepala Dinas Kabupaten Bekasi sebagai narasumber, dan Bapak Paul Rene Edward , Consultant on Social Safety, sebagai pembicara, menyampaikan tentang pendidikan karakter untuk generasi Alfa yang lahir di tahun 2020 adalah dengan menyiapkan model pembelajaran Suatu Perilaku. Untuk itu diperlukan tahapan pembelajaran masa sekarang yang diantaranya:

  1. Menyiapkan modeling afektif
  2. Memunculkan keinginan anak untuk bertumbuh dan memiliki rasa ingin tahu
    Selain itu ada istilah “Kokom Kriting Cantik” yang mempunyai makna KOlaborasi, kerja sama orang tua dan sekolah dalam dunia pendidikan. KOMunikasi antara siswa, guru, dan orang tua. KReatif dan berpIkir hal yang penTING. Bisa berCANda tetapi tetap eTIK..
    Nah, dalam hal ini peran orang tua dalam mendampingi anak untuk menumbuhkan karakter yang baik adalah dengan kata kunci ABCD. Apa itu ABCD? A:Ajak anak untuk bermimpi. B: Buang hal yang mengganggu. C: Cari tahu apa yang diimpikan anak-anak. D: Damping anak.
    Sekolah sebagai tempat anak untuk berinteraksi dengan siswa dan guru serta warga sekolah haruslah dapat menjadi tempat yang nyaman untuk menuntut ilmu. Oleh karena itu diperlukan peran dari semua pihak, baik itu guru, karyawan, siswa, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman, jauh dari kekerasan fisik maupun verbal.